Mille Crepes

by - 7:43:00 PM

I'm not a dessert addict, not really like something with whipped cream, or sweet cake. I can eat it, but at lease 1 slice is enough. Tapi ketika saya berada di filipina kemarin, teman saya membawakan mille crepes. Crepes dengan whipped cream di sela-selanya dan bayangan saya yang namanya dessert pasti manis banget, apalagi ada whipped cream. Nah, begitu dicoba, saya jatuh cinta sama kue ini! ngga begitu manis, whipped cream nya ngga begitu banyak dan engga membuat saya merasa eneg.

Mumpung lagi libur lebaran dan sedang di Malang, saya berniat membuat mille crepes. Sebenernya setiap sedang di Malang, saya memanfaatkan beberapa waktu untuk buat cake atau pasta. Yah mumpung alat-alat masaknya lengkap, bahan-bahan yang mudah dicari dan tentunya lebih murah dibanding di Jakarta haha Kemarin-kemarin tiap buat cake selalu ngga habis, karna sebenernya saya cuma suka bikin aja, seneng aja rasanya kalau bebikinan cake semacam cupcakes atau donat warna warni, lucu aja gitu ngeliat dan ngehiasnya, begitu dimakan kok eneg haha emang engga begitu suka dessert dasarnya.

Tapi pas buat mille crepes kemarin, nagih! first trial memang engga sesuai ekspektasi, rasanya seperti engga ada rasanya haha Seperti biasa, saya suka ambil resep dari internet. Banyak banget resep mille crepes diinternet, rata-rata engga jauh beda. Nah, resep yang terakhir saya temukan sedikit berbeda dan justru ini yang menurut saya sukses! Alhamdulilah banyak yang suka. Jadi gini, biasanya mille crepes pakai whipped cream, yang ini pakai custard cream. Recipenya..

Ingredients :


  • For Crepes
  • 80gr cake flour
  • 20gr sugar
  • 2 butir telur
  • 65gr heavy whipping cream
  • 200gr plain milk
  • Bisa ditambahin any kind of flavour (green-tea atau coklat) 

For cake flour
Siapkan all purpose flour dengan ukuran sesuai dengan resep, kemudian ganti 2 tbsp dari all purpose flour tadi dengan 2tbsp cornstarch.
For custard cream filling

  • 200gr plain milk
  • 1 teasp vanilla essence
  • 50gr egg yolk
  • 40gr sugar
  • 16gr cake flour
  • 10gr salted butter


For whipped cream filling
Sebenarnya saya engga tau whipping cream mana yang enak, tapi yang terkenal setahu saya elle & vire cair. First trial saya menggunakan whipping cream ini dan rasanya tidak sesuai ekspektasi, cenderung plain dan gampang mencair. Kemudian second trial saya menggunakan whipping cream bubuk haan. Yang ini lebih enak, mungkin sudah dicampur rasa sesuatu karna memang lebih berasa dan lebih mudah dibuatnya. Oh iya, tips buat bikin whipping cream cair, ketika mengaduk creamnya, dibawah wadahnya direndam dengan es agar lebih cepat kental creamnya (tetapi engga lama jadi cepat mencair juga). Kalau bikin whipping cream bubuk, dicampur dengan air dingin, nah diaduk sebentar aja udah jadi whipping cream. Saya kira pakai whipping cream bubuk lebih ribet ternyata lebih mudah dan cepat.
Nah, untuk lebih jelas lagi step-step pembuatannya bisa dilihat disini, Saya juga adapt dari youtube ini resepnya, tetapi ada beberapa bahan yang saya rubah dan saya engga menggukan sponge cake buat layer paling bawah, ribet sih haha

Selamat mencoba yah...









You May Also Like

2 comments

  1. Intinya buatin aku ae naa. Haha. Siap makan e, sama bantu bantu cantik

    ReplyDelete
  2. Intinya buatin aku ae naa. Haha. Siap makan e, sama bantu bantu cantik

    ReplyDelete